Cara Kerja Mesin 4 Tak Yang Mudah Dipahami
Karyasendiri.com - Dunia otomotif dari hari ke hari, bulan ke bulan, tahun ke tahun semakin merajalela diperbincangkan diseluruh penjuru dunia hingga ke daratan Indonesia mulai dari mesin ringan sampai mesin berat selain itu mengenai teknologinya pun semakin canggih. Kita sebagai pengguna harus mengupdate pengetahuan kaitannya dengan dunia otomotif seperti mengenal perangkat-perangkat yang digunakan dari fungsi dan cara kerjanya dari yang mendasar sampai pada yang rumit.
Untuk pemula yang masih awam dengan dunia otomotif disini saya membahas dari yang mendasar yaitu cara kerja mesin 4 Tak yang mudah dipahami untuk pemula. Kenapa disebut sebagai mesin 4 Tak karena untuk menghasilkan satu kali pembakaran atau untuk menghasilkan satu kali tenaga, dibutuhkan 4 kali langkah bolak-balik piston dan dua kali putaran kruk as dan satu kali putaran untuk noken as (penggerak klep).
4 langkah dari satu kali pembakaran atau untuk menghasilkan satu kali tenaga tersebut rinciannya adalah langkah hisap, langkah kompresi, langkah usaha atau kerja dan langkah buang. Dibawah ini penjelasan lengkap dari 4 langkah yang sudah saya sebutkan diatas.
.
Catatan :
Baca Juga : Komponen Kepala Silinder Motor 4 Tak
Demikian penjelasan lengkap mengenai cara kerja mesin 4 Tak (motor) yang sengaja saya buat sesederhana mungkin supaya bagi pemula bisa lebih dimengerti, semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat serta menambah wawasan bagi pembaca, dan tingkatkan hobi membaca karena dengan membaca banyak ilmu yang kita dapatkan.
Untuk pemula yang masih awam dengan dunia otomotif disini saya membahas dari yang mendasar yaitu cara kerja mesin 4 Tak yang mudah dipahami untuk pemula. Kenapa disebut sebagai mesin 4 Tak karena untuk menghasilkan satu kali pembakaran atau untuk menghasilkan satu kali tenaga, dibutuhkan 4 kali langkah bolak-balik piston dan dua kali putaran kruk as dan satu kali putaran untuk noken as (penggerak klep).
4 langkah dari satu kali pembakaran atau untuk menghasilkan satu kali tenaga tersebut rinciannya adalah langkah hisap, langkah kompresi, langkah usaha atau kerja dan langkah buang. Dibawah ini penjelasan lengkap dari 4 langkah yang sudah saya sebutkan diatas.
.
Cara (Siklus) Kerja Mesin Motor 4 Tak
Langkah Hisap
- Pada tahap ini piston bergerak kebawah dari TMA (Titik Mati Atas) ke TMB (Titik Mati Bawah)
- Klep hisab terbuka
- Masuklah campuran bahan bakar dan udara dari karburator atau injeksi ke ruang silinder atau ruang bakar.
Langkah Kompresi
- Pada tahap ini piston bergerak keatas dari TMB ke TMA
- Klep hisab dan klep buang tertutup
- Campuran bahan bakar dan udara mulai dikompresi diruang silinder atau ruang bakar dan piston sebelum mencapai TMA (10 - 15 derajat), busi memercikkan bunga api dan terjadilah pembakaran.
Langkah Usaha/Kerja
- Karena hasil dorongan pembakaran, piston bergerak kebawah dari TMA ke TMB
- Klep hisab dan klep buang tertutup
- Gerakan piston kebawah digunakan untuk memutarkan kruk as dan menggerakkan mesin.
Langkah Buang
- Pada tahap ini piston bergarak keatas dari TMB ke TMA
- Klep buang terbuka
- Dan sisa pembakaran dikeluarkan melalui knalpot
Catatan :
- TMA adalah batas atas pergerakan piston dan TMB adalah batas bawah pergerakan piston, pergerakan piston dari TMA ke TMB disebut langkah.
- 3 sarat kendaran bermotor bisa hidup adalah adanya bahan bakar, kompresi sempurna dan bunga api.
- 4 Langkah Kompresi : yang dikompresi bahan bakar dan udara, diukur dengan kompresi meter, suhu bensin dan udara (sekitar 250 derajat C), dan suhu pembakaran (kurang lebih 1600 derajat C).
Baca Juga : Komponen Kepala Silinder Motor 4 Tak
Demikian penjelasan lengkap mengenai cara kerja mesin 4 Tak (motor) yang sengaja saya buat sesederhana mungkin supaya bagi pemula bisa lebih dimengerti, semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat serta menambah wawasan bagi pembaca, dan tingkatkan hobi membaca karena dengan membaca banyak ilmu yang kita dapatkan.