Siklus Kerja Mesin 2 Tak Yang Mudah Dipahami

Karyasendiri.com - Mesin pada kendaraan bermotor jika dilihat dari bentuk fisiknya mungkin yang terlintas dipikiran semuanya sama bagi seseorang yang belum mengenal lebih jauh tentang dunia otomotif, akan tetapi kenyataan tersebut salah karena mesin memiliki 2 jenis yaitu mesin 4 tak dan mesin 2 tak yang keduanya memiliki banyak perbedaan mulai dari siklus kerja sampai komponennya.

Untuk sahabat yang baru mengenal dunia otomotif tenang saja dikesempatan ini saya akan memaparkan secara detail dan jelas mengenai siklus kerja mesin 2 tak. Dan simak paparannya dibawah ini.

Cara Kerja Mesin 2 Tak Atau Langkah


Kenapa bisa dikatakan dengan 2 tak? jawabanya sangat sederhana sesuai dengan namanya 2 tak yaitu dalam satu kali pembakaran atau untuk menghasilkan satu kali tenaga dibutuhkan 2 kali langkah piston dan 1 kali putaran kruk as. Sedangkan mesin 4 tak untuk menghasilkan satu kali tenaga dibutuhkan 4 kali langkah gerakan piston (langkah hisap, langkah kompresi, langkah usaha, langkah buang).

1. Piston bergerak dari TMB ke TMA

Ketika piston bergerak dari TMB (titik mati bawah) ke TMA (titik mati atas), terjadilah langkah hisap dan langkah kompresi dimana ketika piston bergerak terus keatas, maka dibagian ruang karter akan terjadi kevakuman yang mengakibatkan bahan bakar akan terserap masuk ke ruang karter dan ketika piston bergerak menutup lubang buang, terjadilah langkah kompresi pembakaran (kompresi pembakaran sekunder).

2. Piston bergerak dari TMA ke TMB

Ketika piston bergerak dari TMA ke TMB, terjadi langkah usaha dan langkah buang. Hasil dari pembakaran (kompresi pembakaran sekunder) kemudian mendorong piston bergerak ke bawah dan terjadilah langkah usaha atau kerja. Dan setelah lubang buang terbuka maka terjadi langkah buang yang mana sisa gas pembakaran dibuang melalui knalpot.

Piston semakin bergerak ke bawah maka dalam ruang karter terjadi kompresi karter (kompresi primer) yang kemudian mendorong bahan bakar diruang karter keluar ke bagian atas piston melalui lubang transfer (transfer port). Bahan bakar yang keluar dari lubang transfer kemudian akan dikompresi untuk proses pembakaran dan sekaligus untuk proses pembilasan atau mendorong sisa-sisa pembakaran keluar pada langkah sebelumnya.

Catatan : Pada mesin motor 2 tak terdapat 2 macam kompresi yaitu
kompresi sekunder adalah kompresi yang terjadi disilinder terjadinya ketika piston bergerak dari TMB ke TMA dan 
kompresi primer adalah kompresi yang terjadi diruang karter (area kruk as) terjadinya ketika piston bergerak dari TMA ke TMB.

Baca Juga : Fungsi Kepala Silinder Motor 2 Tak

Turbulansi adalah tendangan balik dari knalpot mendorong bahan bakar segar yang ikut terbuang ketika proses pembilasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel