Fungsi dan Komponen Kepala Silinder Motor 2 Tak
Karyasendiri.com - Kepala silinder atau cylinder head merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah mesin kendaraan, selain itu kepala silinder juga sebagai tempat dudukan busi dan sebagai tempat pembakaran. Kepala silinder 2 tak lebih sederhana jika dibandingan dengan motor 4 tak karena hanya terdapat empat bagian utama yaitu busi, nat, squish dan kubah. Sedangkan pada kepala silinder atau cylinder head motor 4 tak terdapat kedua klep, noken as, busi dan lain-lain.
Sebelumnya kebanyakan pabrikan bahan yang digunakan dalam pembuatan kepala silinder menggunakan bahan besi, setelah melewati perjalanan panjang kini bahan pembuatan kepala silinder berubah menjadi aluminium karena dinilai lebih ringan dan suhu panas lebih cepat proses pendinginannya baik melalui sistem pendingin udara maupun sistem pendingan air (radiator).
Catatan : Colling system, beberapa sistem pendingin pada motor adalah
Baca Juga : Fungsi Blok Silinder pada Motor 2 Tak
Bore up adalah memperbesar ruang silinder dan mengganti piston yang lebih besar akan tetapi tidak standar.
Sebelumnya kebanyakan pabrikan bahan yang digunakan dalam pembuatan kepala silinder menggunakan bahan besi, setelah melewati perjalanan panjang kini bahan pembuatan kepala silinder berubah menjadi aluminium karena dinilai lebih ringan dan suhu panas lebih cepat proses pendinginannya baik melalui sistem pendingin udara maupun sistem pendingan air (radiator).
Komponen dan Fungsi Kepala Silinder
Fungsi utama kepala silinder
- Sebagai tempat dudukan busi
- Tempat ruang pembakaran
- Sebagai tempat pendingin melalui sirip-sirip
- Sebagai tempat ke dua klep pada motor 4 tak
Bagian Penting Kepala Silinder
- Busi - Sebagai media pemercik bunga api dalam ruang bakar
- Nat - Sebagai jarak dari ruang bakar dengan kepala piston agar keduanya tidak bertabrakan
- Squish - Sebagai sudut kemiringan dalam ruang bakar atau untuk memfokuskan pembakaran)
- Kubah - Sebagai tempat terjadinya proses pembakaran, semakin besar kubah semakin besar tenaga yang dihasilkan dan juga sebaliknya
- Sirip - Sebagai alat untuk pendingin dari proses pembakaran.
Catatan : Colling system, beberapa sistem pendingin pada motor adalah
- Pendinginan udara bebas : pada tahap ini udara bebas mengalir melalui rusuk-rusuk pendingin yang ada pada kepala silinder dan blok slinder.
- Pendinginan udara paksa : udara dipaksa masuk dan megalir melalui rusuk-rusuk pendingin yang dilakukan oleh kipas yang terpasang pada rotor magnet.
- Pendinginan sistem air (radiator) : pendinginan air yang peredarannya dipaksa oleh pompa air dan melewati lubang-lubang yang ada di blok silinder.
Baca Juga : Fungsi Blok Silinder pada Motor 2 Tak
Bore up adalah memperbesar ruang silinder dan mengganti piston yang lebih besar akan tetapi tidak standar.