Sistem Pelumasan Pada Motor 2 Tak, Anda Wajib Tau
Karyasendiri.com - Setiap mesin kebanyakan memerlukan pelumasan (oli) sama seperti halnya pada pelumasan motor 2 tak. Sistem pelumasan pada kendaraan bermotor khususnya motor 2 tak berbeda dengan pelumasan motor 4 tak.
Fungsi pelumasan pada motor 2 tak adalah untuk melumasi komponen mesin bagian kopling dan transmisi yang disebut dengan pelumasan mesin dan untuk melumasi komponen mesin bagian kruk as, stang piston dan piston yang disebut dengan pelumasan samping.
Sistem ini diterapkan pada motor suzuki.
Sistem ini biasa diterpkan pada motor yamaha.
Sistem ini biasa diterapkan pada motor 2 tak lama.
Baca Juga : Sistem Pelumasan Pada Motor 4 Tak
Catatan : Sistem pemasangan ring piston 2 tak :
1. Hadapkan tanda panah pada piston ke saluran buang
2. Ring 1 dan 2, gap ring harus tepat pada spi yang terdapat pada rumah ring piston.
Fungsi pelumasan pada motor 2 tak adalah untuk melumasi komponen mesin bagian kopling dan transmisi yang disebut dengan pelumasan mesin dan untuk melumasi komponen mesin bagian kruk as, stang piston dan piston yang disebut dengan pelumasan samping.
Sistem Pelumasan Motor 2 Tak
Pelumasan Motor 2 Tak
Motor 2 tak mempunyai sistem pelumasan ganda atau mempunyai 2 sistem pelumasan yaitu pelumasan mesin dan pelumasan samping.- Pelumasan Mesin, dalam pelumasan ini oli akan melumasi komponen mesin seperti kopling dan gigi transmisi.
- Pelumasan Samping, dalam pelumasan ini oli akan melumasi komponen mesin seperti kruk as, stang piston dan piston.
Sistem Pelumasan Oli Samping
1. Pelumasan Cylinder Crankshaft Injection
Tipe pelumasan ini sama dengan pelumasan autolube, akan tetapi yang keluar dari pompa oli bercabang menjadi dua saluran meliputi saluran ke karburator dan saluran ke crank case. Dan perputarannya mengikuti putaran gigi starter.Sistem ini diterapkan pada motor suzuki.
2. Pelumasan Autolube
Sistem pelumasan ini memungkinkan campuran bahan bakar (mesin) dengan oli akan menyesuaikan pada putaran mesin. Cara kerjanya oli disemprotkan oleh pompa oli yang perputarannya mengikuti putaran mesin sehingga bahan bakar masuk ke karburator yang kemudian tercampur dengan bensin.Sistem ini biasa diterpkan pada motor yamaha.
3. Pelumasan Langsung
Tipe pelumasan ini dilakukan dengan mencampur lebih dahulu antara bensin dengan oli sebelum dimasukkan ke dalam tangki bensin. Kekurangan dari sistem ini perbandingan antara bensin dan oli tidak dapat menyesuaikan putaran mesin sehingga pemakaian oli sangatlah boros. Tetapi keuntungan sistem ini pada putaran atas pelumasan lebih baik.Sistem ini biasa diterapkan pada motor 2 tak lama.
Baca Juga : Sistem Pelumasan Pada Motor 4 Tak
Catatan : Sistem pemasangan ring piston 2 tak :
1. Hadapkan tanda panah pada piston ke saluran buang
2. Ring 1 dan 2, gap ring harus tepat pada spi yang terdapat pada rumah ring piston.